Rabu, 11 Agustus 2010

PEMBAJAKAN BUKU


Ceritanya niy, kemaren saya ke tukang jahit langganan saya, Mbak Rini di Blok M Square. Sering kesana, tapi saya jarang mengelilingi gedung tersebut. Tujuannya hanya satu, menyambung tali silahturahmi ke mbak Rini...

Nah kemarin ceritanya, saya kebelet ke kamar mandi... nah ternyata toilette nya dekat kios penjual buku. Dan ada banyak kios di sana. Karena "book worm" , saya menyempatkan diri celingak celinguk...

Eh ternyata euy...

Saya baru ngeh... kalau ternyata yang mereka jual, semua buku barunya BAJAKAN... dan dijual dengan teramat murah, 50 % dari harga price tag.... TIDAKKKKKK... saya langsung emosi mendidih... , setelah melihat buku MMJ karya RK yang bajakannya buanyak banget di sana, padahal saya tahu, buku itu belum lama di " release " ...

KRIMINALITAS

Pembajak itu kejam sekali ya... tidak memikirkan penulis... yang berkarya dengan segenap kreativitasnya. Menulis kan bukan pekerjaan yang mudah. Dan jujur , untuk bisa hidup berkecukupan dari menulis itu, sangatlah sulit.

Penulis hanya mendapatkan royalti sekitar 10-13% dan masih kena pajak penghasilan 15 %. Dan itu juga dibayarkan enam bulan sekali ( kalau penerbitnya gak telat bayar... ). Jadi alangkah teganya para pembajak tersebut melakukan hal tersebut kepada kami, para penulis.

Sepertinya aparat hukum tidak tertarik untuk menangani masalah ini, karena mungkin buat mereka tidak menghasilkan "ekstra income ". Jadi sepertinya kita tidak bisa berharap banyak. Satu satunya yang bisa dilakukan hanyalah melakukan himbauan kepada teman teman untuk tidak membeli buku atau apapun yang bajakan.

Kasihanilah kami, karena kami "hidup" dari menulis...

luph

Miss Jinjing

1 komentar:

  1. Turut Berduka cita Mi....

    Jadi gak enak, dulu waktu sekolah saya selalu beli buku pelajaran bajakan :-(

    BalasHapus